hikmah kehidupan, umroh dan perjalanan
Leave a Comment

Siwak dan penaklukan mesir 

Diantara oleh-oleh dari jama`ah Haji yang bisa dibilan agak mubadzir, karena jarangnya digunakan adalah SIWAK,
 meski  sejatinya siwakan adalah salah satu dari sunnah Nabi, dan meninggalkan sunnah Nabi akan menyebabkan lambatnya sebuah pertolongan dari Allah SWT. sebagaimana yang pernah dialami oleh para Sahabat saat pasukannya dianggap sangat lambat tatkala ingin menaklukkan kota Mesir.Maka para tokoh Sahabat bermusyawarah untuk mencari penyebab dari lambannya proses penaklukkan Mesir, yang akhirnya diperoleh jawaban, bahwa penyebab utamanya adalah kurangnya ikatan mereka dengan Allah dan kurang memperhatikan kesunnatan SIWAK.
Mereka meyakini, hal inilah yang menjadi lambannya proses penaklukan Mesir.Maka Sang Panglima mengintruksikan agar segenap prajurit untuk lebih memperhatikan sunnat siwak, kebetulan di Mesir banyak pohon Siwak ( kayu Arok ). Mereka segera mengsambilnya lalu digunakan untuk siwakan.
Saat mata-mata musuh mengetahui apa yang dilakukan oleh para Sahabat, yaitu kapan saja dan dimana saja siwakan, para mata-mata musuh tersebut merasa ketakutan yang luar biasa lalu mengabarkan kepada teman-temannya seraya berkata, “ Para pasukan Islam saat ini benar-benar telah murka kepada kalian, mereka mulai membersihkan giginya untuk menyantap kalian.”
Tidak mungkin para Sahabat akan memakan manusia, tapi ini merupakan rasa takut yang dilemparkan oleh Allah ke dalam hati para musuh Islam, dan pada hari itu juga kaum Muslimin berhasil menaklukkan kota Mesir.
#NGOPI-NGAJI-HAPPY#

Kyai muslim nawawi 

Pesantren an nur ngrukem bantul 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s