quran dan parenting, umroh dan perjalanan
Leave a Comment

Family project keluarga nabi ibrahim 

Proyek Membangun Ka’bahFAMILY PROJECT KELUARGA NABI IBRAHIM
Satu hal yang menarik untuk kita kaji dari Nabi Ibrahim adalah tentang keluarganya. Rangkaian ibadah haji, tidak bisa dipisahkan dari peran sang istri (ibunda Hajar) dan putranya (Nabi Ismail). Perintah penyembelihan hewan Qurban, ada peran putranya (Nabi Ismail) dengan dialog sangat inspiratif yang diabadikan dalam Al Quran. 
Bagaimana dengan kisah pembangunan Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam sampai akhir zaman?. Kalau kita lihat dari sisi keluarga, saya lebih suka menyebutnya sebagai Family Project.
…. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i`tikaaf, yang ruku` dan yang sujud”.(Al Baqarah : 125)

Bayangan saya, proyek itu dikerjakan kompak sekeluarga sebagai satu tim. Bapak (Nabi Ibrahin), anak (Nabi Ismail) dan tentu saja dengan support ibunda Hajar. 
Proyek kebaikan, berbasis keluarga menjadi sangat penting saat ini. Sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui. Dapat amal sholihnya, bisa mendekatkan sekaligus mengompakkan seluruh anggota keluarga, dan tentu saja, ini menjadi bagian dari pendidikan anak anak kita. 
Pelajaran lainnya, meskipun usia masih belum dewasa, Nabi Ismail sudah dilibatkan dalam proyek besar, proyek membangun peradaban, proyek yang menjadi kiblat, tempat Thowaf, i’tikaf, ruku’ dan sujud. 
Dari Nabi Ibrahim, kita banyak belajar tentang pengasuhan/pendidikan ayah kepada anaknya. Ini untuk introspeksi kita para ayah, lebih sering kita atau istri kita yang mengajak anak anak untuk dilibatkan dalam proyek kebaikan. Contoh paling sederhana, kalau ada pengajian misalnya, lebih sering bundanya atau ayahnya yang mengajak?.
Dan yang terakhir, tentang family project Proyek kebaikan apa yang bisa dijalankan oleh seluruh anggota keluarga sebagai satu kesatuan tim. Mendiskusikan, merencanakan, berbagi tugas, dan mengimplementasikannya. 
Jogja, 10 dzulhijjah 1438 H 

Agus Muhammad

Sekolahumroh.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s