Artikel
Leave a Comment

Bagaimana homestay ramadhan menyiapkan anak anak mukallaf pada usia baligh ? 

Hadist riwayat Ibnu umar , definisi dan makna baligh dapat dilihat dari hadis berikut:عَرَضَنِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ أُحُدٍ فِي الْقِتَالِ، وَأَنَا ابْنُ أَرْبَعَ عَشْرَةَ سَنَةً، فَلَمْ يُجِزْنِي، وَعَرَضَنِي يَوْمَ الْخَنْدَقِ، وَأَنَا ابْنُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَنَةً، فَأَجَازَنِي، قَالَ نَافِعٌ: فَقَدِمْتُ عَلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ وَهُوَ يَوْمَئِذٍ خَلِيفَةٌ، فَحَدَّثْتُهُ هَذَا الْحَدِيثَ، فَقَالَ: «إِنَّ هَذَا لَحَدٌّ بَيْنَ الصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ

“Aku menawarkan diriku kepada Rasulullah saw. Untuk ikut berperang dalam perang uhud, waktu itu aku berumur empat belas tahun, tetapi Rasul saw tidak mempekenankan diriku. Dan aku kembali menawarkan diriku pada waktu perang khandaq sedangkan aku (pada saat itu) berumur lima belas tahun, maka Rasul saw memperkanankan diriku. Nafi menceritakan, “lalu aku datang kepada Umar Ibnu Abdul Aziz yang pada saat itu menjabat sebagai khalifah, dan aku ceritakan kepadanya Hadis ini, maka ia berkata,” sesungghunya hal ini merupakan batas antara usia anak-anak dengan usia dewasa.” Kemudian ia menginstruksikan kepada semua gubernur agar mereka menetapkan kepada orang yang telah mencapai usia lima belas tahun (sebagaimana layaknya orang dewasa), dan orang yang usianya di bawah itu hendaknya mereka di kategorikan sebagai anak-anak.”

(Shohih Bukhori, no.2664 dan Shohih Muslim, no.1868)
Imam Nawawi menjelaskan,hadits ini merupakan dalil bahwa batasan baligh adalah umur 15 tahun, dan ini adalah pendapat madzhab Syafi’i, Imam Al-Auza’i, Imam Ibnu Wahab, Imam Ahmad dan yang lainnya. 

Mereka menjelaskan bahwa dengan sempurnanya umur 15 tahun seseorang sudah dihukumi mukallaf meskipun belum pernah mimpi basah, maka hukum-hukum menyangkut kewajiban ibadah dan lainnya mulai diberlakukan baginya.

TANDA BALIGH 

Tanda-tanda baligh biasanya terjadi ketika anak mencapai usia 10-15 tahun untuk anak perempuan dan 12-15 tahun untuk anak laki-laki. 

Dengan ciri2 tertentu seperti : tumbuhnya bulu dada, bulu2 halus pada anak laki2, suara membesar hingga terjadi menstruasi (haid) atau bermimpi (ihtilam). 

Secara psikologis tampak pada rasa “ingin dilihat cantik atau jantan”, ketertarikan terhadap lawan jenis, emosi yang meledak-ledak, dll 

HOMESTAY RAMADHAN 

Bagaimana homestay ramadhan menyiapkan anak anak kita menjadi mukallaf di usia baligh nya ? 

Kegiatan homestay Ramadhan akan diisi dengan : 
1. Penguatan dasar dasar aqidah dengan titik berat pada kewajiban menutup aurot dan menjaga Izzah sebagai seorang muslimah. Kupas tuntas pemahaman secara menyeluruh akan jati diri ke muslimah nya. 

2. Interaksi mendalam bersama AL quran sebagai pegangan utama bagi kehidupannya kelak. AL quran selalu mudah untuk dipelajari , AL quran selalu indah dan AL quran selalu menyenangkan. Ekplorasi yang menantang , saatnya anak anak Kita mengetahui isi , terjemah , dan makna makna dlm al quran. Tdk hanya membaca atau menghafalkan nya. 

3. Kemandirian pengelolaan diri dan rumah tangga. Anak anak akan dilatih layak nya orang dewasa. Pengaturan waktu pribadi, penentuan vision board selama homestay . Penentuan target dan tanggung jawab yang akan dia selesaikan sendiri maupun bersama Groupnya. Anak anak dilatih Dg projek Kerumahtanggaan , Sepeti memasak menyiapkan sahur dan buka puasa. Membersihkan dan Mengatur rumah , juga mencuci pakaian masing masing. Kakak dengan usia yang lebih tinggi akan berkolaborasi Dg adik adik yang usia lebih rendah. 

Format kegiatan homestay :

1. Qiyamul lail, sahur, buka puasa dan Mentoring keislaman. 

2. Tilawah , terjemah dan tahfidz AL quran 

3. Sharing dan diskusi personal vision board 

4. Piket pengelolaan rumah tangga 

5. Sharing sesion Dg fasilitator 

6. Kegiatan pengayaan ketrampilan kemuslimahan. 

Homestay ramadhan khusus putri usia 10-15 thn , 6-25 juni 2016. Jogjakarta 

Diasuh langsung oleh bunda Rita dan ayah agus 

Couple pendiri Rumah tahfidz teladan dan CEO Rihaal umroh & edukasi 

Www.sekolahumroh.com 

  

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s