Artikel, umroh dan perjalanan
Leave a Comment

Seperti inilah Kami Mengelola Dana jamaah 

Pastikan Ijin, Tiket, Hotel, Visa dan Perjalanannya

Pernah mendengar kasus jamaah terlantar,  bisa berangkat tidak bisa pulang ?.  Tidak ada kepastian kapan berangkat atau keberangkatan yang mendadak ? Atau bahkan gagal berangkat ?

Sebenarnya, jika prosedur standart pengurusan perjalanan umroh dijalankan, insya Allah fenomena diatas tidak akan terjadi.  Dan sebagai jamaah, yang telah membayar biaya perjalanan umroh melalui biro yang dipilihnya, berhak mengetahui  itu semua.

Sebagaimana umumnya seseorang yang akan traveling ke luar negeri melalui biro travel, ada beberapa hal yang harus dipastikan.

PASTIKAN IJIN NYA. Karena perjalanan kita ke tanah suci, maka travel yang menjalankan harus memiliki ijin depag sebagai penyelenggara umroh.

PASTIKAN TIKET NYA . Pergi ke luar negeri pasti butuh tiket pesawat. Namanya naik pesawat tentu kita harus menentukan tanggal berapa kita berangkat,  jam berapa, naik pesawat apa. nggak sama dengan naik angkot yang bisa sewaktu waktu, nunggu di terminal, kalau kosong baru kita naik.. Kita sebagai jamaah berhak mendapatkan kepastian tiket, paling lambat 1 bulan sebelum keberangkatan.

PhotoGrid_1459238468994

Contoh booking seat langsung ke maskapai untuk trip 17 April 2016 sebanyak 118 kursi. Pemesanan dan pembayaran DP ke maskapai sudah dilakukan sejak 9 Februari 2016 (2,5 bulan sebelum keberangkatan) untuk memberikan kepastian setiap jamaah yang mendaftar.

PASTIKAN HOTEL NYA. Namanya perjalanan jauh, tentu hotel harus dirancang jauh hari sebelum keberangkatan. Apalagi dalam rombongan besar. Sebagian hotel bisa bisa dilihat harga nya melalui online di traveloka, agoda, booking, dll. Jarak dan kualitas hotel sangat mempengaruhi harga.  Kita berhak mengetahui hotel apa yang akan kita gunakan, berapa jaraknya dari masjid (bisa dicek di google maps).

 

hotel madinah hotel makkah

Nota pembayaran hotel makkah dan madinah untuk trip 24 Februari dan 28 Februari 2016. Hotel nya seperti apa ? bisa dicek di internet

hotel makkah : http://www.go-makkah.com/english/hotels/details/3776/dar-al-eiman-mohajreen.html?extra

hotel madinah :  https://www.tripadvisor.co.id/Hotel_Review-g298551-d1807206-Reviews-Al_Fayrouz_Shatta_Hotel-Medina_Al_Madinah_Province.html

 

PASTIKAN ITENARY NYA. Kita berhak mengetahui dengan detail rincian perjalanan selama ibadah di tanah suci. Karena rincian perjalanan sangat terkait dengan kepastian transportasi dan akomodasi yang harus dipersiapkan.

bis IMG_20160229_101906

contoh kotrak bis untuk transportasi jamaah selama di tanah suci

PASTIKAN VISA NYA. Untuk bisa datang ke kota makkah, madinah dan jeddah, pada paspor harus tertempel visa umroh.  Visa umroh baru bisa dikeluarkan oleh pihak kedutaan saudi jika sudah ada kepastikan tiket pesawat pp, kontrak hotel dan kontrak transportasi selama di tanah suci.

Oh ya, seluruh proses diatas (booking maskapai, hotel, bis) akan lebih aman jika langsung ke pihak hotel / maskapai dan tanpa melalui perantara/broker. Karena terkadang masalah bukan pada biro travel nya, tetapi pada broker atau pihak lain yang menyelewengkan dana jamaah. Untuk itu, pastikan travel yang dipilih dengan benar

Pertanyaan selanjutnya, dengan tahapan diatas, bagaimana kami mengalokasikan dana jamaah untuk melakukan pembayaran itu semua ?

Biro umroh berbeda dengan lembaga investasi. Sehingga seluruh pemasukan dana dari jamaah, sudah seharusnya hanya digunakan untuk membayar segala keperluan yang terkait dengan ibadah umroh, mulai dari tiket, hotel, akomodasi sampai perlengkapan dan biaya operasional.  Tidak diputar untuk keperluan lainnya yang mengandung resiko untung dan rugi.

Tahapan pembayaran biaya umroh dari jamaah ke rihaal, dan tahapan pembayaran dari rihaal kepada pihak lain bisa kami jelaskan sebagai berikut :

Sebagai contoh, untuk paket umroh basic  USD 1,495, untuk keberangkatan nop 2016 –  april 2017, kami membagi  pembayaran menjadi 3 tahap :

  1. USD 200 pada saat membayar, akan kami gunakan untuk booking kursi ke maskapai. Dengan cara ini, jamaah mendapatkan kejelasan jauh jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Jamaah berhak mengetahui booking seat tersebut.
  2. USD 700 paling lambat 1,5 bulan sebelum keberangkatan, akan kami gunakan untuk melunasi ke maskapai, dan biaya operasional.  Jamaah berhak mengetahui, bahwa tiket pesawat yang akan memberangkatkannya sudah kami lunasi.
  3. USD 595, paling lambat 1 bulan sebelum keberangkatan, digunakan untuk proses pengurusan visa, kontrak hotel, kontrak bis, akomodasi, dan biaya operasional. Jamaah berhak mengetahui, bahwa sudah dilakukan pembayaran ke hotel, bis dan akomodasi yang dipilih. Sehingga jamaah tahu, di hotel apa nantinya tempat menginap di makkah, madinah dan jenis bis yang digunakan. Termasuk jadwal perjalanan dan berbagai layanan yang nantinya akan didapatkan.

Umroh murah sebenarnya bisa dilakukan dan bisa dipilih, asalkan kita mengetahui tahapan prosesnya.

Dengan uang muka 200 dolar, bismillah umroh tahun depan.

 

Agus Muhammad, ST

HP 081227008844

HP 0819 04257875

FP : Sekolah umroh Rihaal https://goo.gl/cc07kl

Founder Rumah Tahfidz Teladan

CEO Rihaal Umroh dan Edukasi

http://www.sekolahumroh.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s