Artikel, quran dan parenting
Leave a Comment

Project Based education Di rumah kami 

Kebahagiaan seorang ibu adalah ketika bisa membersamai anak anak tumbuh semakin besar dan mendekati baligh .  Pendampingan anak anak tentunya akan berbeda dlm bbrp tahap perkembangan . 
Kami sendiri membagi perkembangan berdasarkan 

Usia 0-2 thn : waktunya ngAsi -bersama bunda . Ini saat istimewa yg sama sekali tdk bisa diwakilkan , ajak anak anak Kemana saja ibunda pergi . Ibu pergi kuliah , mengaji , belanja , arisan , piknik dll . Bonding atau kelekatan Dg ibunda terbentuk di usia ini .

 Juga ketika debay mulai asupan makanan tambahan – pastikan  ibu membuat sendiri berbagai makanan bayi itu — hindari makanan bayi dlm kemasan , Disamping kurang sehat juga lebih mahal 😅. Memang sih — ibu akan lebih repot , tapi yakinlah ke depan anak anak akan kecanduan masakan ibunya. 

Bahkan untuk usia ini pun — kami juga mengatur jika mempunyai rencana menjalankan ibadah haji dan umroh — Kita atur sedemikian rupa hingga pilihan waktu adalah : tahun ini hamil , dua tahun kedepan menyusui ,baru  tahun berikutnya bisa pergi umroh . Kl haji kan sekarang malah antri bbrp tahun lamanya . Bisa diatur Insha Allah . 

Usia 2-5 thn : ini adalah tiga tahun yang menyenangkan bersama ayah . Anak anak biar lengket Dg ayah dan mendapatkan pengasuhan keayahan yang tdk didapatkan Dr ibunda . 
Juga ngasih kesempatan bunda untuk free momong anak 😁 mungkin bunda bisa kuliah lagi atau ambil kursus apa atau ikutan organisasi sosial apa .. Atau juga bunda hamil lagi — 😅 

Dalam artian — untuk usia ini : jika ada ayah maka ya apa apa ama ayah, makan ama ayah , jalan jalan ama ayah , mandi ama ayah , BAB juga ama Ayah  Donk 😁 buat ayah juga merasa bgmn dia sangat dibutuhkan oleh anak anak .

Lucunya kl di rumah kami — anak usia ini jika mau main misalnya . Akan ditanya : mau main sama siapa ? Sama ayah .. 

Horreee — bunda bebas bisa  masak atau melanjutkan online 😅 

Ohya — masa o-5 thn ini masa masa utama pendidikan keimanan . Tauhid , pembiasaan ibadah dan penanaman nilai nilai idealisme: , nilai aqidah , pembedaan yang Haq dan Bathil. 

Usia 5-12 thn : usia pendiidkan dasar . Ini balik lagi ke bunda .. Tahap tahap awal anak mengenal sekolah –setelah survey dan rapat keluarga , kami bersama anak akan menentukan pilihan sekolahnya .. Tentunya sekolah yg kita survey sja hasil pilihan orang tua , jadi anak mau memilih yg mana aja kita OK . 

Jadi sejak TK Anak anak memilih sendiri sekolahnya . Umar , muhammad , Khadijah dan yusuf memilih sekolah TK islam — dna hajar (5thn) memilih home education – HS sama bunda — setelah sebelumnya pernah sekolaH PAUD. 

Usia SD — bgmn project nya ? Pendidikan dasar Masih Kita kuatkan Dg keimanan dan keislaman . Pemilihan sekolah islam atau pesantren menjadi acuan sekolah anak anak . Sekali lagi anka anak memilih sendiri sekolahnya . 

Umar di SDIT dan mengikuti asrama di rumah tahfidz . Adik adiknya memilih di pesantren quran . Dan Memamg Project BAsed education kami di usia SD adalah AL quran . Selesaikan program hafalan quran . Alhamdulillah dua anak selesai sebelum lulus SD. Dua anak masih PR dan melanjutkan hingga usia SMP . 

Based tahapan berikutnya adalah usia baligh  — rentang usia 12-15 thn . Usia SMP . Ini nih PR besar kami . Kesempatan usia 12-15 tahun  pendidikan anak anak kita fokuskan di skill / ketrampilan yg Sesuia minat bakat nya . Yang bisa digunakan untuk hidup dan mencari penghidupan . Mengingat masa masa ini adalah masa menjelang baligh . Atau masa awal baligh . 

Disamping menyelesaikan quran yg blm kelar, bahasa menjadi project based education kami . Bahasa adalah skill dasar ,skill utama lainnya akan berbasis pada potensi dan bakat anak . 

Masih juga mengeja — untuk mengetahui bakat dan potensi anak. Yg mestinya Sinergi Dg bisnis atau bisa mewarisi keahlian orang tuanya . 

Mas umar (15 thn ) memilih jalur pengusaha – menyiapkan diri dua tahun kuliah bahasa Arab – thn ketiga (sblm usia 17 thn) — mempunyai project : ready dan siap menjaga mitra di Saudi bagi http://www.sekolahumroh.com 

Mas muhammad (11thn ) memilih jalur menyelesaikan quran , menguatkan bahasa Arab dan Inggris , dan mempunyai project : “ngaji kitab ” AL quran , hadist dna kitab kitab Dr salafish Sholih — Sesuai Dg cita cita nya menjadi kyai. 

Khadijah (11thn) –maunya jadi pengusaha — Ada bakat bidang gambar , desain , telaten , rapi dan rajin .. Kayaknya mau belajat jahit deh — bikin bikin tas yg Cute lalu dijual .. Bismillah .. 

Yusuf masih 9 thn — biar dia lengket dulu Dg hafalan qurannya . AAmiin ..

Project  based education menjadi prioritas dlm pendiidkan anak  anak kami di rumah . 

  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s