Artikel, quran dan parenting
Leave a Comment

Belajar Dari teh Patra – praktisi HS -HE – SSS

 Prinsip prinsip pendidikan anak berbasis rumah (HS/HE) : 

Belajar banyak hal dari  diskusi hangat Dg teh Patra , ibu 4 anak , praktisi HS, 

Anak 1,( Akhyar , 18 thn ) : magang kerja di perusahan coding /programer , TOEFL 650, persiapan SAT Exam 

Anak 2 (afra , 15 thn ) : pebisnis ternak domba , persiapkan O-level Cambridge . 

Anak 3 ( arsyad ,13 thn ) : menekuni elektronika, persiapkan O-level Cambridge . 

Anak 4 (bibing , 4thn ) 

1. Berawal dari akhir : apa tujuan / akhir Dr pendidikan anak anak Anda 

2. Segera temukan setiap keunikan dan keunggulan anak anak — apa mengapa bgmn ? Tumbuhan keunggulannya — minimalisir kekurangannya 

3. Pendampingan full dari kedua orang tua — yang satu visi misi dlm mendidik anak . Hingga bisa mengetahui bakat dan kecenderungan anak sejak dini 

4. HS adalah salah satu metode dlm mendidik anak . Jika tujuan / cita cita bisa diperoleh Dg HS ya HS — jika melalui sarana lain misal sekolah ya sekolah . 

5. HS bukan pelarian Dr kasus anak di sekolah : misal anak malas belajar , anak ada kasus Dg guru / temannya , anak tdk minat sekolah dll. 
6. Dasar pendidikan anak Seperti kemandirian dan tanggung jawab sdh dilatih sejak kecil . Hal yang sepele seperti menyiapkan barang pribadi ketika hendak piknik. 

7. Sesuaikan sekolah atau jenis ujian dengan rencana pendidikan anak di level selanjutnya . Misal : jika untuk kuliah di laut negeri maka Preparation Ukt Cambridge Exam atau SAT Exam , jika di Mesir syarat hafidz quran , jika di universitas Indonesia : harus lulus SBMPTN , jika bisnis — ya cukuplah Action 

8. Orang tua menjadi tokoh utama dlm transfer ilmu , knowledge dan keahlian yang dimiliki. Keahlian orang tua dan lingkungan akan memudahkan anak mempelajari ilmu / keahlian tsb . 

9. Mukallaf / beban baligh kepada anak adalah berlaku sejak anak anak tersebut baligh . Baik beban syariah maupun beban finansial . 
10. HS bukan berarti orang tua nya ahli dlm segala hal, namun pernah tua menunjukkan keseriusan dalam belajar untuk kemudian mengajarkan ke anak anak . 

11. Adakan agenda rapat mingguan rutin keluarga untuk penetapan program program belajar dan evaluasi pendidikan yg sdh dijalankan .

12. Anak anak HE HS SSS tidak akan menemui kesulitan mencari teman karena justru anak anak lebih luas dalam pergaulan dengan berbagai komunitas. 

13. Bagaimana jadwal harian anak anak HE HS SSS ? Jadwal harian anak anak sangat natural , sesuai Dg kondisi keluarga , bakat dan minat masing masing anak . Jadi tdk ada program dan jadwal HS yg bisa dicontoh secara mutlak . 

14. Kenali anak kita sedini mungkin , kapan dia antusias , kapan dia Males , kapan dia gak minat , kapan dia berbohong — Target pengasuhan anak adalah orang tua memantau, mengamati dan melihat seksama tahap tahap perkembangan minat anak . Sehingga ortu paham sekali apa dan bagaimana ttg perilaku anak. 
15. project based program : akan menjadi lebih terukur progres perkembangan anak jika anak mempunyai project kerja . 
  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s