Artikel
Leave a Comment

Jangan lewatkan usia Golden Age anak anak kita 

  
Kita awali kajian kali ini dengan mengemukan keprihatinan Rasulullah yang oleh Allah dimasukkan sebagai salah ayat dalam Al Qur’an :

وَقَالَ الرَّسُولُ يَارَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْءَانَ مَهْجُورًا

Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan al-Qur’an ini sesuatu yang tidak diperhatikan”. (QS. 25:30)
🌷🌷🌷Apakah yg terjadi saat ini ? 
1. Orang tua mati matian antar les ini itu sepulang sekolah – bukan les ngaji 
2. Orang tua sangat kawatir anaknya tdk bisa matematika atau bahasa Inggris — namun tdk peduli anaknya bisa baca quran atau tidak . 
3. Banyak cetakan cetakan juz Al quran — namun lebih banyak untuk pajangan atau acara acara doa saja — bukan untuk petunjuk hidup sehari hari. 
4. Adanya paham kontroversi dari barat ttg kelemahan anak diajar membaca sejak dini yg ternyata memunculkan kekawatiran orang tua untuk mengajari membaca al quran sejak dini 
5. Juga adanya paham kontroversi – bahwa ilmu itu dipahami — bukan dihafalkan — yang melalaikan umat islam dari akar keilmuannya . Dimana seluruh ilmu islam diawali Dg hafalan — menghafal quran , ribuan hadist berikut perawi nya — dst — 
🌷🌷🌷Berdasarkan hal tsb — apakah yg bisa kita lakukan ?  
Tentu kita semua sdh sangat familier ttg golden age. Saya copas Dr bbrp artikel sbb : 
Pada otak anak usia 3 tahun, terbentuk milyaran sel disebut neuron, yang mengirim dan menerima informasi. Tugasnya lima tahun ke depan adalah mengelola neuron ini jadi jaringan sambungan berkecepatan tinggi yang mengontrol emosi, pikiran, dan gerakan. Pengelolaan seperti ini butuh seabrek upaya: Dari usia tiga sampai sembilan tahun, otak menggunakan lebih banyak energi dibanding kurun waktu lain dalam hidup.
Anda bisa tahu jika sambungan otak jenis ini mulai terbentuk,” kata Jane Healy, Ph.D., penulis dari Your Child’s Growing Mind: Brain Development and Learning From Birth to Adolescence. “Tiba-tiba anak mulai menanyakan hal-hal baru dan menggunakan kata-kata baru.”
Pada usia dua sampai tiga tahun, ada peningkatan aktivitas pada dua area utama otak yang memroses bahasa, hal ini terbukti dari meningkatnya secara drastis kosa kata anak prasekolah–mulai dari sekitar 900 kata sampai 2.500-3.000 kata 

sebelum mencapai umur lima tahun.
Penelitian lain menyebutkan perkembangan otak anak usia 0-4 thn mencapai 50 % dan di usia 8 tahun mencapai 80 % , sisanya 20% Akan dicapai di usia 17 thn .. *mohon ralat jika Ada kesalahan data. 
🌷🌷🌷 Apakah kita akan menyia-nyiakan Golden age tsb ? Tentu tidak kan ? 
Neuron otak Akan tersambungkan dg baik dg banyaknya stimulan yang kita berikan . 
Dan Al quran adalah stimulan terbaik , stimulan Utama dan Utama untuk anak. Bukan Mozart Atau sejenisnya. 
Bbrp tips balita dan al quran 
1. Audio AL quran : full day anak anak diperdengarkan Tilawah quran – si rumah , di mobil , di kantor – di dapur . Dll . 
2. Hindari lagu lagu — karena lagu lagu itu akan mengganggu progam audia AL quran . 
3. Biasakan diajak membaca AL quran ( ibu , ayah dan Kaka kakanya yg membaca AL quran ) balita kita ikut serta dlm forum mengaji keluarga tsb. Balita juga dibawakan buku mengaji — 
4. Punyai waktu khusus bersama al quran sekeluarga 
5. Jika ada kesempatan – datanglah ke rumah guru guru al quran Utk belajar quran 

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s