Artikel
Leave a Comment

Yuks cuci piringmu sendiri 

  



kegiatan mencuci piring sendiri bagi anak , selain melatih tanggung jawab atas dirinya sendiri , melatih ketrampilan hidup , dan sekaligus mengajarkan ttg keimanan – karena kebersihan adalah bagian Dr iman . 

Ternyata mencuci piring bisa melatih emosi dan ketenangan jiwa anak . 
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Florida State University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kegiatan sederhana seperti mencuci piring ternyata bisa menenangkan pikiran dan hati. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagaimana dilansir brilio.net dari REAL SIMPLE, Senin (26/10).
Lima puluh satu mahasiswa telah berpartisipasi dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Mindfulness ini. Sekitar lebih dari setengah partisipan diajari atau diberi tugas untuk fokus terhadap pengalaman pikiran mereka selama mencuci piring, seperti aroma sabun, sensasi terkena busa, suhu airnya, dan bentuk dan desain dari piring tersebut. Sementara sisa partisipan lainnya, yang bertindak sebagai kelompok kontrol, berfokus pada hanya melakukan pekerjaan tersebut. 
Hasil penemuan ini begitu mencolok. Para partisipan yang belajar tentang pendekatan pikiran melaporkan mengalami penurunan 27% kegelisahan dan peningkatan 25% stimulasi mental setelah mencuci piring. Sementara itu, kelompok kontrol tidak begitu banyak merasa mendapat manfaat serupa seperti kelompok sebelumnya. Sehingga hasil penelitian ini mengimbau bahwa untuk mengatasi pikiran tegang dan terlalu banyak bekerja, mencuci piring dengan penuh kesadaran merasakan kegiatan ini, justru bisa sebagai terapi tersendiri.
“Saya memiliki ketertarikan terhadap kesadaran pikiran sudah lama, baik sebagai praktisi kontemplatif maupun peneliti. Saya juga sangat tertarik, terutama, bagaimana aktivitas remeh dalam hidup dapat berkontribus terhadap keadaan sadar pikiran, sehingga meningkatan rasa kesejahteraaan secara keseluruhan,” ungkap Adam Hanley, salah satu penulis studi tersebut. 

Di rumah tahfidz teladan , santri secara otomatis mencuci piring makannya sendiri . Pun begitu juga Dg hajar (5y) .. Senang sekali dengan sesion cuci piring ini . Waloupun belepotan dan kita harus membersihkan area cuci piring . Itu jauh lebih baik daripada cuci piring dikerjakan oleh asisten rumah tangga .. 

Bagaimana Dg di rumah Anda ?? 

  

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s