Artikel
Leave a Comment

Tips agar anak mau dan senang masuk pesantren sekolah boarding

  
Tips anak mau masuk pesantren / boarding 

Sesion Sharing kali ini akan membahas tips supaya anak mau dan dengan senang hati masuk pesantren atau sekolah boarding . 
Kali ini tdk membahas ttg pro kontra sekolah boarding , pun juga tidak membahas sejak usia berapa sebaiknya usia anak masuk boarding pesantren. 
Tips yg kami jalankan di rumah , hingga anak anak Dg suka cita memilih sekolah boarding sejak usia masuk SD adalah sebagai berikut : 
1. Ganti tivi dengan buku buku. Adalah Rejeki bagi kami ketika di awal menikah – status kami kontraktor – ngontrak rumah kesana kemari . Hingga ketika memutuskan mengkarduskan TV , menjadi mudah. Saat itu muhammad AL Fatih -2thn- ketika menonton tivi seperti tersihir, dipanggil tdk dengar , makan susah , duduk nyaman sekali di depan tivi . Pindah kontrak selanjutnya tivi masuk kardus dan antena tdk dibawa . Pindah rumah selanjutnya kabel TV tdk dibawa .. Dan akhirnya anak anak menjadi biasa tidak ada televisi . 
* Next Sharing : bgmn bisa anak anak tanpa tivi ?? Insha Allah .. *red 😄 
2. Biasakan hidup sederhana. Yg ini relatif sekali .. Intinya Walo kita mampu sebaiknya dibatasi . Misal : mampu setiap kamar ada AC , kita batasi hanya kamar orang tua yg pakai AC. Mampu beli baju sepatu branded setiap Bulan – kita cukupkan dengan baju Dan sepatu Sesuai fungsi. Tdk beli HP baru ketika HP lama masih berfungsi baik.
Dan semua dijelaskan ke anak ttg bgmn rosul mengajarkan hidup sederhana. 
3. Perbanyak makan sayur dan sayur, dan jadikan tempe tahu adalah menu favorite keluarga .. Tempe tahu itu enak sekali lho … Apalagi jika diolah Dg cara resto modern atau hotel bintang 5. Ayam dan daging tetap halal Lo ya .. 😄 
4. Banyak berbagi 

Ajak anak anak untuk rajin berbagi kepada org lain yg jauuuuhh kurang beruntung drpd kita. Kenalkan dan perlihatkan banyak anak anak lain yg tdk seberuntung mereka. 
5. Luasnya rentang kenyamanan anak. Detail klik ini https://umarhsjournal.wordpress.com/2015/04/29/luasnya-rentang-kenyamanan-anak/
6. Ajak survei anak anak ke sekolah sekolah boarding yg kita minati. Sampaikan kelebihan dan keutamaan pesantren tsb drpd di rumah. Apalagi jika pesantren tsb mempunyai extra atau kegiatan yg jadi hobi si anak. 

Ohya .. Memilih waktu survey juga menentukan pandangan pertama anak Thd pesantren tsb. 
7. Desain dan rancang cita cita bersama anak sejak dini. Biasakan bertanya apa cita cita nya ? Ortu mendampingi merancang Apasaja cita cita baik itu. Sejak mereka bisa ngomong usia 2-3 thn. 
Misal : 

🌟Umar : pengusaha , hafal quran 

🌟Muhammad : kyai , punya pesatren , hafal quran 

🌟Khadijah : arsitek , pengusaha , hafidhoh 

🌟Yusuf : ustdzh, pengusaha bengkel mobil, imam masjid Al Hafidz 

🌟Hajar : dosen , peneliti, konsultan , sayang adik , hafal quran 

🌟Maryam : dokter anak, hafal quran , sayang kakak 
Apapun itu internalisasikan ke anak . Dan boarding adalah salah satu jalan Utk mewujudkan cita cita itu. 
8. Malatih anak mandiri , tidur di  bed sendiri sejak usia 2 thn , kl Ada sdh Punya kamar sendiri sejak 4 tahun. Ortu bolak balik , ngelonin anak dan Temgah malam balik lagi ke kamar anak adalah bagian dr perjuangan itu . 😄 

Anak anak makan , Mandi , pakai Baju Sepatu dan menyiapkan keperluan ketika mau traveling sendiri. Hal Ini Lebih repot dan Lebih lama Dprd kita suapin , kita pakai kan Baju , kita siapkan koper Dll .. Tapi gak papa. Hasilnya anak Cukup Mandiri di usia 6 thn . 
9, jgn lupa baca biografi tokoh tokoh terkenal .. Dan pasti Mereka Hijrah, Pergi Berguru, seperti itu lah Pesantren itu. 
Selamat mencoba .. 😍

10. Doa yang kuat Dr ortu. 

Pict : suasana sambangan di pesantren anak Yanbuul quran kudus . 

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s