Artikel
Leave a Comment

Surat cinta 

  

Surat untuk adik adikku di alhikmah..Oleh @askariya_alfaiz

Bismillahirohmanirohim..

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Teruntuk adik-adikKu di alhikmah yang ku cintai karna Allah Swt

ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺍﻟْﻤًﺆْﻣِﻨُﻮْﻥَ ﺇِﺧْﻮَﺓ

Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. (QS al-Hujurat [49]: 10)

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ

{ ﻭَﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ ‏( 1 ‏) ﺇِﻥَّ ﺍﻹﻧْﺴَﺎﻥَ ﻟَﻔِﻲ ﺧُﺴْﺮٍ ‏( 2 ‏) ﺇِﻻ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻭَﻋَﻤِﻠُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕِ ﻭَﺗَﻮَﺍﺻَﻮْﺍ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ ﻭَﺗَﻮَﺍﺻَﻮْﺍ ﺑِﺎﻟﺼَّﺒْﺮِ ‏( 3

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

1. Demi masa.

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,

3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh

dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Al-Imam Asy-Syafi’i Rahimahullah berkata: “Kalau sekiranya manusia mentadabburi (merenungkan dan menghayati) surat ini (Al-‘Ashr), pastilah cukup bagi mereka.”

Segala puja dan puji mutlak hanya milik Allah Swt, Dialah yang telah memberikan anugerah persaudaraan ini, 
Dialah yang memberikan kita banyak nikmat, nikmat yang indah saat kita mendapatkan hidayah, kenimatan yang hakiki saat kita kembali ke jalan illahi menjadi muslim sejati.

 Shalawat serta salam kita haturkan kepada Baginda Rosullulah Muhammad saw dialah yang membuka rahasia warna warni yang menghitam, timbul tenggelam, mengitari poros matahari hingga tenggelam.. inilah cinta kita ya Muhammad sang pembawa rahmat,panglima terhebat, penerus risalah nabi nabi Allah yang insyaallah selalu melkat di hati para umat.

Gak kerasa ya, perasaan baru kemarin kita bersua. Kita ngumpul diAula bicara tentang banyak hal, suka, duka, senang, susah, gembira, sedih semuanya berkumpul jadi satu. Gak kerasa rasanya baru kemarin ngafal bareng, murojaah bareng-bareng, bakar-bakar bareng-bareng makan bareng, main bola bareng.

Adikku Kaka merasa sangat bangga mempunyai adik-adik yang semangat, berkeyakinan dan keberanian berusaha dalam menjalani kehidupan. Pertahankan ya!^^

Adikku,.. jadilah lebih baik dari kaka, karna seorang kaka yang berhasil ialah yang menjadikan adiknya lebih baik dari kakanya.

“Ketahuilah adikku Sebagian berubah karena terpaksa.

Sebagian lagi berubah setelah membayar mahal dgn bnyk kesedihan.

Sebagian lagi berubah setelah penuh penyesalan dan airmata.

Maka orang2 yg beruntung adalah yg berubah cukup dgn belajar dari pengalaman orang lain. Dari bacaan, nasehat, mengamati. Sebelum terlanjur.”

Adikku, bersabarlah dan ikhlaskanlah dalam setiap langkah perbuatan. Terus-meneruslah berbuat baik, ketika di kampung dan dimanapun. Jauhilah perbuatan buruk, dan ketahuilah pelakunya pasti diganjar, diperut bumi dan di atas bumi. Bersabarlah menyongsong musibah yang terjadi dalam waktu yang mengalir. Sungguh di dalam sabar ada pintu sukses dan impian kan tercapai. Jangan cari kemuliaan di kampung kelahiranmu. Sungguh kemuliaan itu ada dalam perantauan di usia muda. Seperti syair yang dikatakan Imam Syafi’i:

“Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman

Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah telah berjuang.”

Adikku, teruslah belajar karena belajar adalah segalanya. Ini perintah Allah Swt, ini perintah Rasul,. Masih ingat kata-kata pertama wahyu yang diterima Rasullah itu adalah iqra . Bacalah. Itu artinya juga belajar. Untuk itu kita akan terus mempraktikan ajaran Rasul itu, bahwa kita perlu belajar dari buaian sampai liang lahat. Jangan menyerah kalau ingin dapat ilmu. Jika kita bersungguh-sungguh insya Allah kita mendapatkannya. Jika kita benar-benar mau insya Allah terbuka jalan. Dan niatkanlah untuk ibadah, insya Allah dimudahkan olehNya.

Adikku, jangalah merasa rendah dan takut. Bergaulah dengan baik kemasyarakat. Bukankah kita tidak boleh takut kepada apapun kecuali Allah? Bukankah Allah menciptakan kita sebagai makhluk sebaik-baik makhluk. Bukankah Allah telah berkata “Kaulah umat terbaik!”. Berjuanglah berusahalah diatas rata-rata orang lain. Karna Allah telah menciptakan manusia itu sama, yang membedakan adalah usaha kita, ikhtiar kita, jika kita terus berusaha jangankan nasib, takdir saja bisa merubah kita dengan doa dan usaha yang gigih diiringi dengan kesungguhan. Teguhkanlah hati untuk terus berjuang. Selesaikanlah apa yang telah kita mulai.

Adikku, antara sungguh-sungguh dan sukses itu tidak bersebelahan, tapi ada jarak. Jarak ini bisa hanya satu sentimeter, tapi bisa juga ribuan kilometer. Jarak ini bisa ditempuh dalam hitungan detik, tapi juga bisa puluhan tahun. Jarak antara sungguh-sungguh dan sukses hanya bisa diisi dengan sebuah keteguhan hati. Dengan sebuah kesabaran. Ya sabar!. Sabar itu bukan berarti pasrah, tapi sebuah kesadaran yang proaktif. Sabar yang aktif, sabar yang gigih, sabar yang tidak menyerah, sabar yang penuh dari pangkal sampai ujung yang paling ujung. Sabar yang bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan seakan-akan itu sebuah keajaiban dan keberuntungan. Padahal keberuntungan adalah hasil kerja keras, doa dan sabar yang berlebih-lebih. Bagaimanapun tingginya impian, dia tetap wajib dibela habis-habisan walau hidup sudah digelung oleh nestapa akut. Hanya dengan sungguh-sungguhlah jalan sukses terbuka. Tapi hanya dengan sabarlah takdir itu terkuak menjadi nyata. Dan Allah selalu memilihkan yang terbaik dan paling kita butuhkan. Itulah hadiah Allah buat hati yang kukuh dan sabar. Sabar itu awalnya terasa pahit, tetapi akhirnya lebih manis daripada madu. Siapa yang sabar akan beruntung. Allah pun sudah berjanji bahwa sesungguhnNya Dia berjalan dengan orang yang sabar.
Adikku, buatlah umi abi bangga. Jangan membuat mereka sedih, jangan membuat mereka merasa sebel, apapun yang terjadi bahagiakanlah mereka. Lakukanlah yang terbaik. Berhentilah mengeluh adikku. Abi dan umi ingin melihat kesungguhan dan keseriusan kita menggapai cita-cita, Jika kalian ada masalah ceritakanlah kepada kaka. Kaka tunggu kabar baik dari kalian. Maafkan kaka jika selama ini belum bisa menjadi kaka yang baik. Jangan ragu-ragu ingatkan kaka juga jika kaka salah.

Kaka selalu berdo’a agar kita menjadi orang yang beruntung. Ya ‘Beruntung’ adikku. Karna beruntung adalah hasil kerja keras, doa dan sabar yang berlebih-lebih.

Terakhir, Jika ada masalah yang datang, cara terbaik untuk menyelesaikannya ialah dengan menghadapinya, bukan lari darinya. Penyesalan dalam kehidupan ialah ketika kita menunda atau bahkan tidak memutuskan sesuatu yang memang seharusnya kita putuskan. Karena menunda adalah tabungan kegagalan kita. Adikku, ingatlah ujian apapun yang datang kepada kita, pastilah penyebabnya karena Allah menitipkan sesuatu pada diri kita. Sehingga tidak layak menjadi ujub dan takabur terhadap ujian. Melainkan menjadi tawadu’ dan selalu bersyukur.

Hidup itu masalah penyerahan diri adikku. Kalau sudah bingung dan terlalu capek menghadapi segala tekanan hidup. Maka ingatlah nasihat ini “ Siapa saja yang mewakilkan urusannya kepada Tuhan, maka Dia akan ‘mencukupkan’ semua kebutuhan kita”. ‘Cukup’ adkikku. Itu yang seharusnya kita cari. Apa artinya banyak harta tapi tidak pernah merasa cukup? Itulah janji Tuhan buat orang yang tawakal. Kita ingin tawakal sempurna. Kita ingin dicukupkanNya segala kebutuhan.

“Siapa saja bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar. Dan, siapa saja yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.” (QS. At-Thalaq: 2-3)

Singsingkanlah lengan baju dan bersungguh-sungguhlah menggapai impian. 

 Karena kemuliaan itu tak akan bisa diraih dengan kemalasan.

Dari kaka yang takkan pernah melupakan kalian,..

Askariya alfaiz

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s