Artikel
Leave a Comment

sebenarnya, Orang tua atau anak yg bermasalah ? 

 
Pointer utama pendidikan anak 

Banyak sekali dibahas di seminar , diskusi , buku , media online , Group Group WA ttg apa saja tips mendidik anak .. Macem macem isinya, baik konseptual ataupun teknis , baik Dr psikologi barat atau psikologi islam .. Ttg teknis anak bangun pagi, teknis ngadepin anak tantrum , teknis ngajarin balita membaca AL quran , ttg belajar math – science , ttg Home schooling dan semua mua nya .. Bgmn supaya anak anak mau masuk pesantren .. Dll .
Namun sesungguhnya pointer utama dlm pendidikan anak adalah bermuara dari orang tua . Perbaiki iman orang tua .. Perbaiki Akhlaq orang tua .. Insha Allah anak anak Akan menjadi sangat mudah kita arahkan .. Anak anak akan mengikuti setiap hal baik yg kita ajarkan. 
Memang benar perlu ada parenting untuk orang tua , kelas menjadi orang tua , dimana BASIC / sasaran utama Dr pelatihan tsb adalah orang tua . Bukan anak . Bukan ttg bgmn anak menghadapi orang tua tapi ttg bagaimana seharusnya orang tua menjadi orang tua . 

Ada bbrp pointer utama bgmn orang tua Prepare dirinya Utk mendidik anak: 

1. Niat iklas dan Basmalah dalam semua hal , dalam setiap tindakan nya , baik amalan pribadi , baik terkait mendidik anak , berbisnis , mengurus organisasi , bernegara , dll .. Satu bab ini .. Saya masih tertatih tatih .. Bahasan awal yg tdk pernah selesai sbg orang tua .. Bab satu ini gak lulus .. Bab selanjutnya Akan kerepotan . 

2. Perbanyak istigfar , pastikan selalu istigfar dlm setiap helaan nafas yg ada . Untuk memperbaharui amalan yg kurang iklas atau amalan amalan yg ternodai . Juga untuk mendatangkan Rejeki dari arah yg tdk disangka sangka … Ini yg saya suka sekali .. Dan yg pasti istigfar Ini untuk memudahkan kita mendidik anak anak. Istighfar tdk boleh terhenti barang semenit pun .. 

Update status sambil istigfar , nyetir mobil sambil istigfar , masak , ngerjain thesis , apapun before dan after nya minimal dengan istigfar . 

3. Tindhak tandhuk atau tingkah laku orang tua .. Atau bahasanya adalah Akhlaq orang tua , utama nya Akhlaq kepada guru . Wabil khusus gurunya anak anak . Tentu tdk kita ragukan , hubungan yg iklas dan baik , hubungan yg dibangun Dg hati akan diterima Dg hati . Dan pasti akan sangat berpengaruh bagi proses belajar anak anak kita . Ttg bgmn seharusnya kita ta’dzim kepada guru , apalagi guru guru quran anak anak kita . 

Walaupun bagaimana pun keadaan atau kondisi guru quran tersebut , mereka jauuh lebih utama drpd kita , apalagi jika hubungan Kita Dg AL quran Masih Ecek Ecek . 

Jangan sampai ya kita sombong atau memposisikan diri diatas guru guru anak anak kita .. Percayalah anak anak akan susah menerima pelajaran. 
Tentunya guru disini bukan hanya guru di sekolah , juga guru di pesantren , guru di tempat kursus , guru bimbingan .. Dan semua guru – mitra kita dlm mendidik anak . Apalagi kita merasa – saya sudah bayar kok di sekolah ini – …. Mestinya guru begini begono … Mestinya sekolah / pondok ini harus melakukan ini itu ..

*jika bapak ibu tdk cocok Dg guru dan sekolah anak .. Pindahkan saja sekolah nya .. Guru guru itu orang orang ter iklas yg mau mendidik putra putri Kita. 

Terlebih lagi yg bagi Kita orang tua yg menanamkan ke anak bahwa kita bisa belajar dari hal baik dari setiap orang . Tentunya Akhlaq kita pada semua orang itu harus baik . 

Jangan sampai anak anak justru mendapatkan kesulitannya dlm mengikuti pelajaran karena kesalahan Fatal yg orang tua lakukan . Atau lebih parah lagi. Kita kesulitan mendidik anak karena perilaku kita sendiri sbg orang tua sendiri yang jadi Sebab sulitnya mendidik anak .

Mari perbaiki imam kita dan Mari perbaiki Akhlaq kita kepada guru . 

Dipersembahkan untuk guru guru quran anak anak saya .. Di rumah Tahfdiz teladan. RT Deresan , pondok Yanbuul Quran kudus , pondok AL hikmah Bogor . Semoga pahala terus terusan mengalir melalui anak anak saya .. Amiin .

Wallahu ‘alam 

Notes to Myself 

 

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s