Artikel
Comments 3

Khataman Fida – ttg kegigihan orang tua 

  

Barakallah mbak Fida -calon dokter hafidzah , menyelesaikan khataman AL quran pertama kali di rumah tahfidz teladan saat kelas 2 SD  . 

Ummi Abi nya super rajin antar jemput setiap sore ke RTT.. Brp ya jarak rumah beliau , mungkin sekitar 4-5 kilo . Di usia kecil – blm baligh – anak anak sepenuhnya tergantung orang tua . Bgmn orang tua mengkondisikan , bgmn orang tua berkorban dan berjuang . 

Keberhasilan anak menyelesaikan Tilawah quran nya di usia dini sepenuhnya ada di upaya orang tua . Orang tua Istiqomah Anter jemput anak ke sekolah quran , ortu yg tdk bosan mendampingi menyimak mengaji anak .. Orang tua juga yg mengatur mood dan motivasi anak untuk terus Tilawah Walo masih terbata bata . 

Perjalanan setiap hari ke sekolah quran , rumah tahfidz atau TPA TPA saat ini mulai jarang kita lihat , entah karena apa. Apa Karena anak anak sdh fullday di sekolah ? Atau karena sdh banyak gangguan teknologi ? Atau kita menganggap anak anak belajar ngaji melalui tab sudah cukup ? 

Padahal keterlibatan yg utama dari orang tua dlm masa kecil ini adalah keterlibatan fisik . Antar jemput , duduk mendampingi , menyimak , menunjuk mushaf , mengaji  bersama ,  yg tentunya memakan waktu . Tidak banyak sih paling 15-30 menit .. Namun ya harus terus terusan setiap hari . Konsisten . Sebenarnya kunci nya sederhana sekali . Ya hanya ini terlibat fisik dan konsisten . 

Bgmn dampak keterlibatan fisik Dan  konsistensi orang tua ? Alhamdulilah .. Setelah Khatam pertama , anak anak itu Dg sendiri nya mengaji dan datang ke RTT tanpa perlu lagi dimotivasi orang tua nya .. Sudah menjadi keinginan dia sendiri . 

Seperti  mbak Izza , di awal masuk RTT , ibunda nya masih terus memotivasi -menyuruh dan mbak Izza kadang juga masih Males malesaan .., alhamdulilah setelah Khatam pertama nya terlewatkan ..dan tentunya lengkap Dg Tasyakuran khataman … Mengaji dan datang ke sekolah quran menjadi kebutuhannya , usia kelas 3 SD. Bahkan bisa mengajak adiknya yg Masih  kelas 1 SD. Barakallah .. 

Kelelahan fisik orang tua Insha Allah terbayar lunas ketika anak anak kecil itu Khatam bin nadzor dan menjadi semangat terus Utk Tilawah dan melanjutkan Dg Tahfdiz .. Bahkan bisa mengajak adik nya Dan  teman teman sekelas nya … 

Note : Guru tahsin RTT ammah avis mewajibkan belajar tahsin Dg mushaf tidak boleh pakai Gadget .. Jadul ya ? Gak juga , dan itu yg kita tetapkan di RTT kl memgaji ya pakai mushaf . Kenapa ? Jelas sekali penjelasan nya , jika Dg mushaf kita fokus , jika pakai Gadget perhatian akan terpecah pecah 

 

This entry was posted in: Artikel

3 Comments

  1. Masya Allah…
    Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melindungi Fida, dan kelak ia menjadi pribadi yang shalihah, unggul, dan bermanfaat. Aamiin.

    Like

  2. Pingback: Tips berinteraksi dengan AL quran  | Rumah Tahfidz Teladan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s