Artikel
Leave a Comment

kapan anak mulai dilatih gemar membaca AL Quran sampai bisa One Day One Juz?

image

Mengajari anak untuk gemar membaca AL quran, dan mengajari membaca AL quran dengan baik dan benar sesuai kaidah adalah dua hal yang berbeda.

seringkali kita terlambat mengGEMARkan membaca AL quran pada anak, dengan alasan menunggu cara pengucapan makhraj dan tajwid nya BENAR. harusnya diantara keduanya, GEMAR dan BENAR bisa berjalan beriringan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an, dia berada bersama para malaikat yang terhormat dan orang yang terbata-bata di dalam membaca Al-Qur’an serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala,” [Potongan Hadits yang dikeluarkan oleh Imam Muslim dari hadits Aisyah Radhiyallahu ‘anha no. 244-(898), kitab Al-Musafirin wa Qashruha, bab. 38]

Menurut hemat kami, Hadits diatas mendorong kita untuk :
1. Sejak dini membiasakan anak membaca AL quran, meskipun masih terbata bata dan kesulitan (melatih Gemar membaca)
2. Terus berusaha untuk memperbaiki bacaannya sampai mahir (mengajari BENAR membaca)

Jadi, sejak kapan anak dilatih membuka mushaf AL Quran dan membacanya?

1.Sejak anak sudah tidak merobek kertas (1-2 tahun). Ketika kita membaca AL quran, anak bisa kita beri al quran. Dia akan gemar dan asyik membuka buka mushaf sambil mendengarkan bacaan kita. Tahap ini, anak gemar melihat mushaf al Quran dan mendengarkannya.

2. Sejak anak sudah bisa berbicara (3 tahun keatas), kita bisa melatih nya dengan menghapalkan surat surat pendek, dan menunjukkan tempat suratnya dalam al Quran. Sang anak akan antusias mengulang ulang bacaannya, sambil menunjuk mushaf al Quran pada posisi surat tersebut. Anak akan ber’gaya’ membaca AL quran, meskipun belum bisa membaca.

3. Saat pelajaran qiroati di sekolah sudah mencapai jilid 3 (sudah kenal huruf, tanda baca dan mengerti panjang pendek) , anak sudah bisa kita latih membaca AL quran mulai dari al baqarah sampai khatam.

awalnya hanya bisa 1 halaman, semakin lama akan semakin banyak, dan tanpa terasa sudah bisa 1 juz sehari. Perbaikan bacaan bisa kita perbaiki secara bertahap disaat kita menyimak bacaan anak.

insya allah, jika anak sudah masuk jilid 4 qiroati, dia sudah lancar, terbiasa dan menikmati untuk membaca AL quran 1 juz per hari.

jadi, jangan sampai kita terlambat mengGEMARkan membaca AL quran, karena kita menunggu sampai baik dan benar bacaannya.

Membudayakan dan membiasakan membaca mushaf AL quran, dan mengajari anak untuk membacanya dengan baik dan benar adalah dua hal yang harus berjalan beriringan.

Jangan sampai kita terlambat.

Agus Muhammad, ST

This entry was posted in: Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s